PENERAPAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 004 SAMARINDA
Kata Kunci:
Kepemimpinan yang Melayani, Kepala Sekolah, Mutu PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan yang melayani dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 004 Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus, teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai pemimpin sekolah dengan mendengarkan masukan-masukan dari para guru dan orang tua siswa, memiliki rasa empati terhadap warga sekolah, mengontrol emosional diri dan memperbaiki hubungan dengan orang lain, memberikan ajakan kepada para guru, staf, dan siswa untuk pendidikan moral secara rutin, membentuk konseptualitas, berpandangan ke depan untuk mencapai tujuan, memberikan pelayanan yang baik kepada warga sekolah, meningkatkan kompetensi guru, serta mempererat hubungan antara kepala sekolah dengan pihak yang terlibat di lingkungan pendidikan di sekolah. Upaya-upaya ini merupakan suatu langkah bagi kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.