Praktik Moderasi Beragama Dalam Pendidikan: Studi Kasus SMP Negeri 15 Samarinda

Penulis

  • septian aristya Yayasan Al-Aisy Daarul Mustaqim
  • Efendi PPS Daarul Muhlasin, Kutai Timur, Indonesia
  • Jasmine Aura Silva Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Halimatussa'dia Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Amelia Putri Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Zaskia Lutfianti Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

Moderasi Beragama, Kebijakan Pendidikan, Pembelajaran Inklusif, Toleransi Antar agama

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya moderasi beragama dalam menciptakan toleransi dan kerukunan antaragama, khususnya di lingkungan sekolah yang multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi moderasi beragama di SMP Negeri 15 Samarinda, dengan fokus pada kebijakan, proses pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus, melalui observasi non-partisipatif, wawancara dengan kepala sekolah, guru agama, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moderasi beragama di SMP Negeri 15 Samarinda diterapkan melalui kebijakan inklusif, pengajaran mata pelajaran agama yang mengintegrasikan nilai-nilai toleransi, dan interaksi antaragama yang saling menghormati. Namun, meskipun nilai moderasi beragama diintegrasikan dalam pembelajaran, tidak ada program khusus mengenai moderasi beragama. Faktor pendukung meliputi kebijakan yang terstruktur dan fasilitas yang memadai, sementara faktor penghambat termasuk kurangnya fasilitas ibadah untuk agama Hindu dan Buddha, serta tidak adanya program seminar khusus mengenai moderasi beragama. Kesimpulannya, moderasi beragama sudah diterapkan dengan baik, meskipun masih ada kendala yang perlu diperbaiki, seperti penyediaan fasilitas ibadah dan pengembangan program khusus moderasi beragama.

Unduhan

Diterbitkan

31-12-2024

Terbitan

Bagian

Artikel